Tugas Sosiologi Dan politik


Assalamuallaikum Wr.Wb

    Hai, perkenalkan nama saya Nadia Erina, saya adalah Mahasiswi di salah satu Universitas swasta yang ada di Tangerang yaitu Universitas Gunadarma Karawaci, fakultas Ekonomi dan jurusan kuliah yang saya ambil adalah Manajemen. Disini saya ingin membagikan cerita tentang apa tujuan saya berkuliah, masalah social apa yang ingin saya selesaikan selepas saya lulus kuliah, dan juga bagaimana cara saya untuk menyelesaikan masalah social itu.

    Banyak orang yang mengidamkan untuk bisa melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi ketika ia telah lulus dari SMA. Karena pada era zaman sekarang sangatlah sulit bagi kita untuk mendapatkan pekerjaan jika kita hanyalah lulusan SMA. Oleh karena itu, tujuan saya berkuliah jujur pada awalnya adalah hanya ingin mendapatkan Ijazah S1 Ekonomi. Tapi setelah saya mendengarkan ucapan dari beberapa dosen selama saya berkuliah kurang lebih selama 2 semester ini, tujuan kenapa saya mau untuk berkuliah berubah. Ada salah satu dosen yang berkata kepada saya jika kita berkuliah hanya untuk mendapatkan selembar Ijazah saja itu mudah, tetapi apakah ketika nanti kita lulus, lalu kita melamar kerja, akankah perusahaan itu mau menerima kita? Jika kita tidak mempunyai kemampuan atau skill ?. Disitu saya sadar bahwa nilai  tidaklah selamanya menjadi acuan kita untuk sukses. Kalo kita mencari orang pintar itu banyak tapi ketika kita mencari orang yang cerdas itu sulit. Disini saya mulai merubah prinsip dan juga tujuan saya kenapa saya ingin berkuliah. Yang pertama saya ingin untuk menambah ilmu yang lebih tinggi, karena ilmu SMA tidaklah cukup untuk menghadapi masalah dimasa yang akan datang maksudnya adalah ketika kita ingin mencari suatu pekerjaan. Yang kedua adalah saya ingin meningkatkan kemampuan atau skill saya dalam bidang manajemen, saya ingin melatih kemampuan saya sampai saya siap untuk menjadi pekerja nantinya didalam suatu perusahaan. Karena seperti yang sudah saya ucapkan tadi diatas bahwa ketika kita mencari pekerjaan hanyalah mengandalkan selembar ijazah saja dan juga nilai yang bagus itu tidaklah menjadi acuan kalau perusahaan akan menerima kita sebagai calan pekerjanya. Karena diera sekarang perusahaan hanya mau menerima fresh graduate yang berkualitas yang memang mempunyai skill yang bisa diandalkan nantinya didalam suatu perusahaan. Jadi itulah tujuan saya berkuliah.

   Kita sering sekali melihat masalah social disekitar kita, seperti pengangguran, anak jalanan, kemiskinan, kesenjangan social, dan masih banyak lainnya. Selepas saya lulus kuliah nanti saya ingin menyelesaikan masalah social itu, terutama adalah masalah social tentang anak jalanan. Semakin hari semakin meningkat populasi anak jalanan di Indonesia. Biasanya mereka adalah anak yang usianya kira-kira 5-17 tahun. Mereka  yang biasanya mengais rezeki di jalan atau bahkan mungkin di lampu merah. Semestinya anak se-usia mereka itu seharusnya bersekolah, mereka berhak mendapatkan Pendidikan. Tetapi karena keterbatasan ekonomi, mereka akhirnya merelakan dirinya untuk tidak bersekolah demi membantu keluarganya. Mereka yang dari pagi hingga malam hari bahkan hingga pagi hari menjelang lagi mereka harus banting tulang mencari uang hanya untuk mendapatkan sesuap nasi.   Betapa bahagianya mereka ketika diberikan uang seribu rupiah, yang mungkin bagi kita itu tidaklah sama sekali berharga, tetapi bagi mereka itu sangat sangatlah berharga. Terkadang ketika saya melihat mereka  hati saya terenyuh, saya sedih, saya miris melihat kehidupan mereka. Kalau dibayangkan akan ada banyak genangan air mata untuk mereka. Terkadang saya berfikir jika hidup saya serba kurang, saya selalu melihat keadaan itu hanya ke atas dan jarang sekali saya melihat keadaan yang dibawah saya. Saya selalu menginginkan hidup serba berkelebihan. Tetapi saat ini saya sadar bahwa masih ada banyak orang yang membutuhkan bantuan kita. Karena mereka sekarang saya mengerti apa itu arti bersyukur. Mereka mengarjarkan saya akan hidup bersyukur dan mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.

   Oleh karena itu, saya berkeinginan untuk memberantas masalah social tentang anak jalanan ini, dengan cara saya ingin membuatkan sekolah gratis untuk mereka. Saya ingin agar mereka semua nantinya bisa menjadi orang sukses dan bisa bermanfaat untuk orang banyak, melalui ilmu yang mereka dapatkan. Mereka semua (anak jalanan) ini adalah bukti bahwa mereka adalah generasi muda Indonesia yang harus dididik untuk menjadi pemuda pemudi yang mempunyai semangat juang 45 yang mampu berkarya dan membuat bangga negara Indonesia. #SabTulis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manusia dan Tanggung Jawab (Tugas Ilmu Budaya Dasar)

BAHASA INGGRIS 2